Sabtu

Menggunakan Chord Pada Bass

Menggunakan chord bukan merupakan hal yang baru dalam memainkan bass, walaupun didalam permainan sehari – hari pemain bass biasanya hanya memainkan satu not secara bergantian bahkan cendrung menghindari penggunaan dua atau lebih nada yang dimainkan secara bersamaan dikarenakan frekwensi bass yang rendah.


Para pemain bass internasional seperti Jeff Berlin, Jaco Pastorius, Todd Johnson, dan Michael Dimmin, serta pemain bass nasional seperti Indro Hardjodikoro, Arya Setyadi dan Adi Dharmawan telah menyatukan penggunaan chord di dalam bass lines maupun solo mereka dengan sangat baik sehingga terdengar sangat harmonis. Rendahnya frekwensi bass membuat penggunaan chord pada bass menjadi sedikit “tricky”, sebab sering kali kita tidak dapat menggunakan semua nada didalam chord dan tidak semua posisi pada bass baik dimainkan untuk chord. Untuk referensi awal mengenai chord pada bass anda dapat membaca beberapa artikel dari Todd Johnson, mengunjungi michaeldimmin.com, ataupun menggunakan sumber – sumber lain, Happy Googling!!.

How High The Moon (Morgan Lewis) merupakan lagu jazz standart yang saya pilih untuk diaransemen menjadi solo bass dengan menggunakan chord. Lagu ini menggunakan progresi chord yang mudah tetapi cukup menarik dimainkan karena menggunakan melodi yang beberapa not-nya diluar komponen chord. Lagu ini diaransemen menjadi 2 bagian. Pada bagian pertama di mainkan dengan free time (rubato), dan pada bagian kedua (dimulai pada bar ke-34) dimainkan dengan swing feel, seluruh lagu dapat dimainkan dengan menggunakan jempol, jari telunjuk, dan jari tengah untuk memudahkan chord voicing. Pada bar ke-2 hingga ke-17 saya memainkan melodi “head” dengan menggunakan chord sebagai pelengkap harmoni. Karena keterbatasan bass, hampir seluruh chord hanya dimainkan root, 3rd, dan 5th-nya sebagai “guide tones”. Pada bar ke-21 dan 27 digunakan Tritone Subtitution sehingga pada bar 21 chord C7 diganti menjadi F#7 dan Bb7 diganti menjadi E7. Untuk mempertegas swing feel yang dimulai pada bar ke-34 digunakan walking bass yang digabungkan dengan chord dan melodi. Sebagai catatan, saat memainkan walking bass gunakan swing eight note untuk setiap eight note yang tertulis. Lagu ini ditutup di bar ke-64 dengan pergerakan chord C#m7(b5) ke F#7(#11) lalu ke Bm7 dan turun secara chromatic ke G6, senua dimainkan secara free time. Tablatur dan file audio yang disertakan disini adalah hanya sebagai referensi untuk memainkan lagu ini. Anda dapat memainkannya dengan cara yang paling nyaman menurut anda sendiri. Untuk file audio saya tidak memainkan bagian awal dengan free time untuk mencontohkan jika lagu ini dilatih dengan metronome.

Suara yang dihasilkan jika memainkan chord pada bass jelas berbeda dari instrument lain seperti gitar atau piano. Walaupun terbatas, chord pada bass menurut saya pribadi bersuara lebih “hangat” dari pada instrument lain. Lagu ini cukup mudah dimainkan karena banyaknya pengulangan, tetapi tetap memberi tantangan tersendiri saat dimainkan secara solo. Bereksperimenlah dengan lagu ini dengan merubah rhythm, chord atau bahkan melodinya, setelah merasa nyaman coba teknik aransemen ini pada lagu standart lain yang akan terasa natural ditangan seperti: “Fly Me to the Moon”, “All The Things You Are”, atau bahkan lagu – lagu non jazz standart.
VIDEO MUSIC © 2008. Design by :vio Templates S