Sabtu

Teknik Tapping Arpeggio (teknik tapping untuk memainkan arpeggio)

Teknik tapping, dari istilah-nya diambil dari kata tap(bahasa Inggris) yang berarti mengetuk. Tapping dipopulerkan oleh gitaris Eddie Van Halen(bahkan ada yang mengatakan Eddie Van Halen sebagai penemu teknik ini—ada silang pendapat tentang hal ini). Two handed tapping adalah tapping dengan dua tangan, kiri dan kanan. Jari tangan kiri memainkan hammer-on atau pull off, sementara jari tangan kanan mengetuk(to tap) not lainnya. Tapping arpeggio (Arpeggios Tapping) adalah teknik tapping untuk memainkan not urut(arpeggio).

Baik, sebagai contoh saya ambilkan 3 not yang berulang, potongan dari lagu “Eruption”-nya Van Halen yang melegenda(hello Eddie I’m your Fans :), thx for great lick for us to sing).
Pada potongan lick itu yang terjadi adalah sebuah arpeggio minor scale dengan not 1(root) yang ditempati oleh nada C#(senar 2 fret 2), not b3(flat third) yang ditempati oleh nada E(senar 2 fret 5) dan not 5(fifth-ingat kembali konsep triad) yang ditempati oleh nada G#(senar 2 fret 9), bentukan(progression) untuk sebuah akkord C#m. Adapun untuk memainkannya, hammer on pada not C#(jari telunjuk kiri) dan E(jari kelingking kiri), tap(ketuk) pada G#. Untuk nge-tap bisa pake telunjuk kanan atau jari tengah kanan (terserah aja yang enak mana). Caranya ngetes supaya terdengar fals atau engga, ya picking aja, bandingkan nada G# pake tap dengan nada G# pake pick.
Nah selamat mencoba belajar lick dahsyat dari seorang guitar virtuoso Eddie Van Halen.
VIDEO MUSIC © 2008. Design by :vio Templates S