Sabtu

Latihan Memetik Gitar Elektrik dengan Plektrum/PICK

Plektrum merupakan alat bantu tangan untuk memetik senar gitar elektrik, pada umumnya plektrum dimainkan tangan kanan. Cara ini lebih akrab digunakan dalam permainan gitar elektrik. Ada tiga jenis plektrum gitar elektrik yaitu :



Heavy : jenis ini sangat baik untuk teknik pick harmoni, memiliki ketebalan berkisar 2.00 – 3.00 mm. Medium : jenis ini sangat cocok untuk permainan nada-nada tunggal atau melodi, pick ini mempunyai ketebalan kurang lebih 1.0 mm. Thin : jenis pick ini sangat cocok untuk melakukan resquendo atau kocokan, memiliki ketebalan kurang dari 0,9 mm


1. Latiham Memetik Gitar Elektrik dengan Alternate Picking

Aternate picking merupakan teknik menggerakkan plektrum secara naik turun. Adapun simbol gerak arah gerakan plektrum sebagai berikut :



2. Latihan Memetik Gitar Elektrik dengan Sweep Picking

Sweep picking merupakan teknik petikan gitar dengan gerakan plektrum searah yaitu turun saat descending dan naik saat ascending. Dalam praktiknya sweep picking sering digunakan untuk memainkan teknik arpeggio, jadi dalam hal ini not tidak dipetik satu per satu melainkan dengan menggerakkan plektrum secara up down(seperti menggenjreng gitar) . Contoh Notasi untuk Latihan sweeping bagi pemula dengan notasi sederhana :





VIDEO MUSIC © 2008. Design by :vio Templates S