Sabtu

Belajar Bermain Gitar: Membaca tablatur bending dan sliding

Wuaaah, dah lama gak kesini taunya udah rame aja,, salam kenal buat semuanya. Tulisan ini aku buat untuk ngelanjutin tutorial membaca tablatur yang kemaren,, hehe gak kemaren juga si, udah lama banget sebetulnya. Kali ini aku mau berbagi tentang membaca tablatur untuk teknik bending dan tapping pada gitar.

Udah tau kan apa itu bending dan sliding pada gitar? kalo belum aku kasih sedikit penjelasan ya, teknik bending itu teknik menaikkan nada sampai beberapa tingkat. Caranya senar yang kamu petik dapat ditarik ke bawah atau keatas. Kalo yang namanya sliding itu sama seperti bending yaitu menaikkan nada juga tapi caranya jari kamu dislide alias diseret ke fret yang lebih tinggi lalu dibalikkin lagi.

Kalo udah tau apa itu bending dan sliding, ini ada contoh tablatur yang memakai teknik bending. Lihat ya,

E ——————————————————

B —————10b12—————————-

D ——————————————————

G ——————————————————

A ——————————————————

E ——————————————————

Tablatur diatas maksutnya adalah senar kedua dari bawah dipetik pada fret ke 10 lalu dinaikkan nadanya sampai suaranya sama seperti fret ke 12. Mungkin juga kalian pernah mendapatkan tablatur seperti ini

E ———————————————————-

B —————10b12r10—————————-

D ———————————————————-

G ———————————————————-

A ———————————————————-

E ———————————————————-

Nah lo kok ada r nya ?? itu maksutnya adalah release alias nada yang udah dinaikkin dibalikin lagi ke nada awal.

Sekarang sliding ya, ini contoh tablaturnya ..

E —————————————–

B ————-9/11\9—————-

D —————————————–

G —————————————–

A —————————————–

E —————————————–

Artinya senar kedua dari bawah kamu petik di fret ke 9 lalu kamu seret jari yang buat nahan senar ke fret 11 trus seret lagi ke fret 9. Hehe kalo masi belajar emang kerasa rada-rada sakit di ujung jari. Tapi gak papa, practice makes perfect, lama-lama kalo udah biasa juga jadi gak sakit. Alias ujung jarinya udah kapalan (kapalan=kulitnya menebal) hehehe.

VIDEO MUSIC © 2008. Design by :vio Templates S